Oli Hidrolik Turalik 48

Oli Hidrolik Turalik 48: Apa itu, Manfaat, dan Cara Memilihnya

Oli Hidrolik Turalik 48 | Oli hidrolik adalah salah satu komponen penting dalam sistem hidrolik, yaitu sistem yang menggunakan cairan bertekanan untuk menggerakkan mesin atau alat. Pelumas hidrolik berfungsi sebagai media transmisi daya, pelumas, pendingin, dan penyegel dalam sistem hidrolik. Oleh karena itu, pemilihan oli hidrolik yang tepat sangat berpengaruh terhadap kinerja dan umur pakai sistem hidrolik Anda.

Salah satu jenis oli hidrolik yang populer di pasaran adalah oli hidrolik Turalik 48. Oli ini merupakan produk dari Pertamina, perusahaan minyak dan gas terbesar di Indonesia. Oli ini dirancang khusus untuk memberikan keandalan terbaik dalam menjaga performa sistem hidrolik Anda.

Namun, apa sebenarnya oli hidrolik Turalik 48 itu? Apa manfaatnya untuk sistem hidrolik Anda? Dan bagaimana cara memilihnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara lengkap dan mendalam. Simak ulasan berikut ini!

Apa itu Oli Hidrolik Turalik 48?

Oli hidrolik Turalik 48 adalah oli hidrolik kelas premium dengan viskositas ISO VG 46 yang didesain khusus untuk memberikan keandalan terbaik dalam menjaga performa sistem hidrolik Anda. Oli ini memiliki spesifikasi unggul dan kelebihan yang luar biasa, sehingga menjadi pilihan tepat untuk memastikan kinerja optimal sistem hidrolik Anda.

Pengertian Oli Hidrolik Turalik 48

Oli hidrolik Turalik 48 adalah pelumas hidrolik yang diformulasikan dari base oil yang memiliki viscosity index yang tinggi dan mengandung performance additive yang lengkap untuk memberikan perlindungan terhadap keausan, mencegah terbentuknya busa, serta perlindungan karat dan korosi

Oli ini menggunakan formula khusus yang dirancang untuk memberikan perlindungan tinggi terhadap keausan, korosi, oksidasi, dan busa. Ini membuatnya tahan terhadap tekanan tinggi dan suhu ekstrem, serta memperpanjang umur pakai sistem hidrolik Anda

Spesifikasi Oli Hidrolik Turalik 48

Oli hidrolik Turalik 48 memiliki spesifikasi sebagai berikut

  • Viskositas ISO VG 46: Oli ini memiliki viskositas yang sesuai dengan standar ISO VG 46, menjadikannya cocok untuk berbagai aplikasi hidrolik.
  • Viscosity Index (VI): Oli ini memiliki VI yang tinggi, yaitu sekitar 100, yang menunjukkan bahwa oli ini memiliki perubahan viskositas yang kecil terhadap perubahan suhu. Ini berarti bahwa oli ini dapat menjaga kinerja yang stabil dalam berbagai kondisi operasional.
  • Flash Point: Oli ini memiliki flash point yang tinggi, yaitu sekitar 220°C, yang menunjukkan bahwa oli ini memiliki titik nyala yang tinggi. Ini berarti bahwa oli ini memiliki risiko kebakaran yang rendah dan dapat mengurangi emisi gas buang.
  • Pour Point: Oli ini memiliki pour point yang rendah, yaitu sekitar -30°C, yang menunjukkan bahwa oli ini memiliki titik beku yang rendah. Ini berarti bahwa oli ini dapat mengalir dengan mudah pada suhu rendah dan dapat mencegah pembentukan kristal es dalam sistem hidrolik.
  • Anti-Wear (AW): Oli ini memiliki kandungan AW yang tinggi, yang menunjukkan bahwa oli ini dapat memberikan perlindungan terhadap keausan pada komponen hidrolik. Ini berarti bahwa oli ini dapat mengurangi gesekan dan kehilangan daya dalam sistem hidrolik.
  • Anti-Foam (AF): Oli ini memiliki kandungan AF yang tinggi, yang menunjukkan bahwa oli ini dapat mencegah terbentuknya busa dalam sistem hidrolik. Ini berarti bahwa oli ini dapat menjaga tekanan dan volume cairan hidrolik yang stabil dan dapat menghindari kerusakan akibat kavitasi.
  • Anti-Rust (AR): Oli ini memiliki kandungan AR yang tinggi, yang menunjukkan bahwa oli ini dapat melindungi komponen hidrolik dari karat dan korosi. Ini berarti bahwa oli ini dapat menjaga kebersihan dan ketahanan sistem hidrolik Anda.

Kelebihan Oli Hidrolik Turalik 48

Oli hidrolik Turalik 48 memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Efisiensi Tinggi: Dengan viskositas yang tepat dan formula khusus, oli ini membantu mengurangi gesekan dan keausan dalam sistem hidrolik Anda, meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi konsumsi energi
  • Perlindungan Maksimal: Oli ini melindungi sistem hidrolik Anda dari kerusakan akibat keausan, korosi, oksidasi, dan busa. Ini membantu memperpanjang umur pakai komponen hidrolik, mengurangi biaya perawatan dan penggantian
  • Performa Konsisten: Oli ini memberikan kinerja yang konsisten dalam berbagai kondisi operasional, baik pada suhu tinggi maupun rendah, serta tekanan hidrolik yang bervariasi. Ini menjadikannya pilihan terbaik untuk aplikasi hidrolik yang memerlukan kestabilan performa tinggi
Baca juga :   Jenis Oli Hidrolik Alat Berat

Manfaat Oli Hidrolik Turalik 48 untuk Sistem Hidrolik Anda

Oli hidrolik Turalik 48 memberikan manfaat yang luar biasa untuk sistem hidrolik Anda. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan oli ini:

Meningkatkan Efisiensi Operasional

Oli hidrolik Turalik 48 dapat meningkatkan efisiensi operasional sistem hidrolik Anda dengan cara:

  • Mengurangi gesekan dan keausan pada komponen hidrolik, sehingga mengurangi kehilangan daya dan meningkatkan output daya
  • Menjaga viskositas yang stabil pada berbagai suhu operasional, sehingga mengurangi perubahan tekanan dan volume cairan hidrolik.
  • Mencegah terbentuknya busa dalam sistem hidrolik, sehingga mengurangi fluktuasi tekanan dan volume cairan hidrolik
  • Mengurangi emisi gas buang dengan memiliki titik nyala yang tinggi, sehingga mengurangi polusi udara dan meningkatkan efisiensi bahan bakar

Dengan demikian, oli hidrolik Turalik 48 dapat membantu Anda menghemat biaya operasional dan energi, serta meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil kerja sistem hidrolik Anda.

Melindungi Komponen dari Kerusakan

Oli hidrolik Turalik 48 dapat melindungi komponen sistem hidrolik Anda dari kerusakan dengan cara:

  • Memberikan perlindungan terhadap keausan pada permukaan logam, sehingga mengurangi risiko terjadinya pitting, scoring, dan galling.
  • Melindungi komponen hidrolik dari karat dan korosi yang disebabkan oleh kelembaban, udara, dan kontaminan lainnya.
  • Mencegah terjadinya oksidasi dan pembentukan lumpur, vernis, dan resin yang dapat mengganggu aliran cairan hidrolik dan menyumbat filter.
  • Menghindari kerusakan akibat kavitasi, yaitu fenomena terbentuknya gelembung udara dalam cairan hidrolik yang dapat menyebabkan getaran, suara bising, dan erosi pada komponen hidrolik .

Dengan demikian, oli hidrolik Turalik dapat membantu Anda mengurangi biaya perawatan dan penggantian komponen hidrolik, serta meningkatkan keandalan dan keselamatan sistem hidrolik Anda.

Memberikan Performa Konsisten

Oli hidrolik Turalik 48 dapat memberikan performa konsisten untuk sistem hidrolik Anda dengan cara:

  • Menjaga viskositas yang optimal pada berbagai suhu operasional, sehingga mengurangi perubahan tekanan dan volume cairan hidrolik .
  • Menjaga stabilitas termal dan oksidatif yang tinggi, sehingga mengurangi penurunan kualitas oli hidrolik akibat panas dan udara .
  • Menjaga kemurnian dan kebersihan oli hidrolik dengan memiliki sifat deterjen dan dispersan yang baik, sehingga mengurangi kontaminasi oleh partikel padat, air, dan asam .
  • Menjaga kompatibilitas dengan segel karet dan plastik yang digunakan dalam sistem hidrolik, sehingga mengurangi risiko kebocoran cairan hidrolik .

Dengan demikian, oli hidrolik Turalik dapat membantu Anda menjaga performa sistem hidrolik Anda tetap optimal dalam berbagai kondisi operasional, serta memperpanjang interval penggantian oli hidrolik.

Cara Memilih Oli Hidrolik Turalik 48 yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Oli hidrolik Turalik 48 adalah pilihan terbaik untuk sistem hidrolik Anda. Namun, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari oli ini, Anda perlu memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi sistem hidrolik Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih oli hidrolik Turalik yang tepat:

Menyesuaikan Viskositas dengan Suhu dan Tekanan Operasional

Viskositas adalah ukuran ketahanan cairan terhadap aliran. Viskositas oli hidrolik berpengaruh terhadap tekanan, volume, aliran, gesekan, dan keausan dalam sistem hidrolik. Oleh karena itu, Anda perlu memilih viskositas oli hidrolik yang sesuai dengan suhu dan tekanan operasional sistem hidrolik Anda.

Oli hidrolik Turalik 48 memiliki viskositas ISO VG 46, yang berarti bahwa viskositasnya adalah sekitar 46 cSt (centistoke) pada suhu 40°C. Ini adalah viskositas yang umum digunakan untuk aplikasi hidrolik standar. Namun, jika suhu atau tekanan operasional sistem hidrolik Anda berbeda dari standar, Anda mungkin perlu menyesuaikan viskositas oli hidrolik Anda.

Baca juga :   Kapasitas Oli Hidrolik Forklift

Secara umum, semakin tinggi suhu operasional sistem hidrolik Anda, semakin rendah viskositas oli hidrolik yang Anda butuhkan. Sebaliknya, semakin rendah suhu operasional sistem hidrolik Anda, semakin tinggi viskositas oli hidrolik yang Anda butuhkan. Ini karena viskositas oli hidrolik akan menurun seiring dengan kenaikan suhu dan meningkat seiring dengan penurunan suhu.

Selain itu, semakin tinggi tekanan operasional sistem hidrolik Anda, semakin tinggi viskositas oli hidrolik yang Anda butuhkan. Sebaliknya, semakin rendah tekanan operasional sistem hidrolik Anda, semakin rendah viskositas oli hidrolik yang Anda butuhkan. Ini karena viskositas oli hidrolik akan mempengaruhi aliran dan tekanan cairan hidrolik dalam sistem.

Untuk menentukan viskositas oli hidrolik yang sesuai dengan suhu dan tekanan operasional sistem hidrolik Anda, Anda dapat menggunakan tabel atau grafik yang disediakan oleh produsen oli hidrolik atau produsen peralatan hidrolik. Anda juga dapat menggunakan kalkulator online yang tersedia di internet untuk menghitung viskositas oli hidrolik yang optimal.

Jika viskositas oli hidrolik Turalik 48 tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat memilih jenis oli hidrolik Turalik lainnya yang memiliki viskositas yang berbeda. Pertamina menyediakan berbagai jenis oli hidrolik Turalik dengan viskositas yang bervariasi, mulai dari ISO VG 10 hingga ISO VG 100 . Anda dapat memilih jenis oli hidrolik Turalik yang paling cocok untuk sistem hidrolik Anda.

Memeriksa Kualitas dan Keaslian Produk

Kualitas dan keaslian produk adalah faktor penting yang harus Anda perhatikan saat memilih oli hidrolik Turalik 48. Oli hidrolik Turalik 48 adalah produk berkualitas tinggi yang diproduksi oleh Pertamina dengan standar internasional. Oli ini memiliki sertifikat ISO 9001:2015 dan ISO 14001:2015, yang menunjukkan bahwa oli ini memenuhi persyaratan kualitas dan lingkungan .

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ada produk palsu atau tiruan yang beredar di pasaran. Produk palsu atau tiruan dapat merugikan Anda karena memiliki kualitas yang rendah, tidak sesuai dengan spesifikasi, dan berpotensi merusak sistem hidrolik Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa kualitas dan keaslian produk sebelum membelinya.

Berikut adalah beberapa cara untuk memeriksa kualitas dan keaslian produk oli hidrolik Turalik:

  • Membeli dari distributor resmi Pertamina atau toko terpercaya yang memiliki reputasi baik.
  • Memeriksa label dan kemasan produk, pastikan tidak ada kerusakan, sobekan, atau bekas bukaan.
  • Memeriksa nomor batch dan tanggal kadaluarsa produk, pastikan masih dalam masa berlaku.
  • Memeriksa warna, bau, dan tekstur oli hidrolik, pastikan sesuai dengan deskripsi produk.
  • Memeriksa segel hologram pada tutup botol atau drum, pastikan tidak rusak atau terkelupas.
  • Memeriksa kode QR pada label produk, pastikan dapat discan dan mengarah ke situs resmi Pertamina .

Dengan melakukan pemeriksaan ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan produk oli hidrolik Turalik 48 yang asli dan berkualitas.

Mengikuti Rekomendasi dari Produsen Peralatan

Rekomendasi dari produsen peralatan adalah sumber informasi yang dapat Anda gunakan untuk memilih oli hidrolik Turalik 48 yang sesuai dengan sistem hidrolik Anda. Produsen peralatan biasanya memberikan petunjuk atau manual penggunaan yang berisi spesifikasi dan rekomendasi tentang jenis, viskositas, kualitas, dan interval penggantian oli hidrolik yang digunakan untuk peralatan tersebut.

Anda dapat mengacu pada petunjuk atau manual penggunaan tersebut untuk mengetahui jenis oli hidrolik Turalik yang cocok untuk peralatan Anda. Jika tidak ada petunjuk atau manual penggunaan, Anda dapat menghubungi produsen peralatan atau pihak terkait untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca juga :   Oli Hidrolik Dump Truck

Anda juga dapat mengacu pada standar industri atau regulasi pemerintah yang berlaku untuk jenis peralatan atau aplikasi hidrolik yang Anda gunakan. Standar industri atau regulasi pemerintah biasanya memberikan persyaratan minimum tentang kriteria dan spesifikasi oli hidrolik yang harus dipenuhi untuk menjamin keamanan dan kualitas oli hidrolik yang digunakan.

Dengan mengikuti rekomendasi dari produsen peralatan, standar industri, atau regulasi pemerintah, Anda dapat memastikan bahwa Anda menggunakan oli hidrolik Turalik 48 yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan sistem hidrolik Anda.

Kesimpulan

Oli hidrolik Turalik 48 adalah oli hidrolik kelas premium yang didesain khusus untuk memberikan keandalan terbaik dalam menjaga performa sistem hidrolik Anda. Oli ini memiliki spesifikasi unggul dan kelebihan yang luar biasa, seperti:

  • Meningkatkan efisiensi operasional dengan mengurangi gesekan, keausan, fluktuasi tekanan, dan emisi gas buang.
  • Melindungi komponen dari kerusakan dengan memberikan perlindungan terhadap keausan, korosi, oksidasi, busa, dan kavitasi.
  • Memberikan performa konsisten dengan menjaga viskositas, stabilitas, kemurnian, dan kompatibilitas oli hidrolik dalam berbagai kondisi operasional.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari oli hidrolik Turalik, Anda perlu memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi sistem hidrolik Anda. Anda dapat melakukan hal-hal berikut untuk memilih oli yang tepat:

  • Menyesuaikan viskositas dengan suhu dan tekanan operasional sistem hidrolik Anda.
  • Memeriksa kualitas dan keaslian produk oli hidrolik Turalik.
  • Mengikuti rekomendasi dari produsen peralatan, standar industri, atau regulasi pemerintah yang berlaku untuk sistem hidrolik Anda.

Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa Anda menggunakan oli hidrolik Turalik yang optimal untuk sistem hidrolik Anda. Oli ini akan membantu Anda meningkatkan produktivitas, kualitas, keandalan, dan keselamatan sistem hidrolik Anda.

FAQ

  • Q: Apa bedanya oli hidrolik Turalik 48 dengan oli hidrolik lainnya?

  • A: Oli hidrolik Turalik 48 adalah oli hidrolik kelas premium yang diformulasikan dari base oil berkualitas tinggi dan performance additive lengkap. Oli ini memiliki viskositas ISO VG 46 yang sesuai dengan standar internasional. Oli ini juga memiliki sifat anti-wear, anti-foam, anti-rust, anti-oxidant, deterjen, dispersan, dan kompatibilitas yang unggul.
  • Q: Apa saja aplikasi atau jenis peralatan yang cocok menggunakan oli hidrolik Turalik 48?

  • A: Oli hidrolik Turalik cocok digunakan untuk berbagai aplikasi atau jenis peralatan yang menggunakan sistem hidrolik, seperti mesin konstruksi, mesin pertanian, mesin industri, mesin alat berat, mesin mobil, mesin kapal, dll.
  • Q: Bagaimana cara menyimpan dan mengganti oli hidrolik Turalik 48?

  • A: Oli hidrolik Turalik harus disimpan di tempat yang kering, bersih, dan terlindung dari sinar matahari langsung. Oli ini harus disimpan dalam wadah tertutup rapat dan tidak boleh dicampur dengan jenis oli lainnya. Oli ini juga harus disimpan jauh dari sumber api atau panas. Interval penggantian oli hidrolik Turalik tergantung pada kondisi operasional sistem hidrolik Anda. Anda dapat mengacu pada petunjuk atau manual penggunaan dari produsen peralatan atau produsen oli untuk mengetahui interval penggantian yang tepat.
  • Q: Apa saja efek samping atau bahaya dari penggunaan oli hidrolik Turalik ?

  • A: Oli hidrolik Turalik adalah produk yang aman dan ramah lingkungan. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya. Jangan biarkan oli ini terkena kulit atau mata Anda. Jika terjadi kontak dengan kulit atau mata, segera bilas dengan air bersih dan sabun. Jangan menelan atau menghirup oli ini. Jika tertelan atau terhirup, segera minum air putih dan hubungi dokter. Jangan buang oli ini sembarangan. Gunakan wadah yang sesuai dan kembalikan ke distributor resmi Pertamina atau tempat pengumpulan limbah minyak.

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us
Open chat
1
Hallo, ada yang bisa kami bantu?
Klik untuk chat via Whatsapp :)