Sae Oli Transmisi Alat Berat

Sae Oli Transmisi Alat Berat: Apa Itu dan Bagaimana Memilihnya?

Jika Anda bekerja di bidang konstruksi, pertambangan, atau industri lain yang menggunakan alat berat, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah sae oli transmisi alat berat. Namun, apakah Anda tahu apa itu sae oli transmisi alat berat dan bagaimana memilihnya dengan benar? Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap tentang sae oli transmisi alat berat, mulai dari pengertian, fungsi, manfaat, jenis-jenis, cara memilih, hingga rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda gunakan untuk alat berat Anda.

Pengertian Sae Oli Transmisi Alat Berat

Sae oli transmisi alat berat adalah jenis oli yang digunakan untuk melumasi komponen-komponen drive train pada alat berat, seperti transmisi, differential, final drive, dan bevel gear. Drive train adalah sistem yang menghubungkan mesin dengan roda atau track pada alat berat, sehingga alat berat dapat bergerak sesuai dengan kecepatan dan arah yang diinginkan. Drive train terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu clutch, rem, gear, shaft, dan axle.

Sae oli transmisi alat berat memiliki kekentalan atau viskositas yang ditentukan oleh standar SAE (Society of Automotive Engineers). Semakin besar angka SAE-nya, maka oli semakin kental. Contoh: SAE 10 untuk oli hidrolik, SAE 30 untuk oli mesin, SAE 40 untuk oli mesin yang agak tua, SAE 90 untuk oli transmisi, dan SAE 140 untuk oli gardan.

Sae oli transmisi alat berat berbeda dengan oli mesin dan oli hidrolik. Oli mesin adalah oli yang digunakan untuk melumasi bagian-bagian mesin, seperti piston, cylinder, crankshaft, camshaft, dan lain-lain. Oli hidrolik adalah oli yang digunakan untuk mengoperasikan sistem hidrolik pada alat berat, seperti boom, bucket, blade, dan lain-lain. Oli mesin dan oli hidrolik memiliki klasifikasi dan spesifikasi yang berbeda dengan sae oli transmisi alat berat.

Fungsi dan Manfaat Sae Oli Transmisi Alat Berat

Sae oli transmisi alat berat memiliki beberapa fungsi dan manfaat penting bagi alat berat, antara lain:

  • Melumasi komponen-komponen drive train, sehingga dapat bergerak dengan lancar dan tanpa hambatan.
  • Mengurangi gesekan dan keausan pada clutch, rem, dan gear, sehingga dapat mencegah kerusakan dan meningkatkan efisiensi.
  • Menjaga stabilitas suhu dan tekanan pada sistem transmisi, sehingga dapat mencegah overheat dan kebocoran.
  • Mencegah korosi dan kerak pada permukaan logam, sehingga dapat menjaga kualitas dan keawetan komponen-komponen drive train.
  • Memperpanjang umur pakai dan kinerja alat berat, sehingga dapat menghemat biaya perawatan dan operasional.

Jenis-Jenis Sae Oli Transmisi Alat Berat

Sae oli transmisi alat berat memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan alat berat. Berikut ini adalah beberapa jenis sae oli transmisi alat berat yang umum digunakan:

  • Caterpillar TO-4: Ini adalah jenis sae oli transmisi alat berat yang dibuat oleh Caterpillar untuk digunakan pada komponen drive train alat berat Caterpillar. Oli ini dirancang untuk mencapai keseimbangan antara gesekan statik dan dinamik pada clutch transmisi dan rem basah. Oli ini juga memiliki kemampuan melindungi keausan gear, ketahanan terhadap korosi dan keausan pada pompa hidrolik. Oli ini hanya tersedia dalam bentuk single grade, yaitu SAE 10W, SAE 30, SAE 50, dan SAE 60.
  • Caterpillar TO-4M: Ini adalah jenis sae oli transmisi alat berat yang juga dibuat oleh Caterpillar untuk digunakan pada komponen drive train alat berat Caterpillar. Oli ini merupakan versi multi-grade dari TO-4, yaitu SAE 10W-30. Oli ini digunakan apabila karena faktor cuaca atau iklim diperlukan pemakaian oli grade SAE 10W di musim dingin dan grade SAE 30 di musim panas. Oli ini tidak dapat digunakan di kompartemen final drive atau differential karena tidak memiliki perlindungan keausan yang cukup untuk bearing dan gear.
  • Komatsu KES 07.868.1: Ini adalah jenis sae oli transmisi alat berat yang dibuat oleh Komatsu untuk digunakan pada komponen drive train alat berat Komatsu. Oli ini memiliki karakteristik yang mirip dengan Caterpillar TO-4, yaitu memiliki keseimbangan gesekan yang baik pada clutch transmisi dan rem basah, serta perlindungan keausan yang tinggi pada gear. Oli ini juga tersedia dalam bentuk single grade, yaitu SAE 10W, SAE 30, SAE 50, dan SAE 60.
  • Volvo WB 101: Ini adalah jenis sae oli transmisi alat berat yang dibuat oleh Volvo untuk digunakan pada komponen drive train alat berat Volvo. Oli ini memiliki karakteristik yang mirip dengan Komatsu KES 07.868.1, yaitu memiliki keseimbangan gesekan yang baik pada clutch transmisi dan rem basah, serta perlindungan keausan yang tinggi pada gear. Oli ini juga tersedia dalam bentuk single grade, yaitu SAE 10W, SAE 30, SAE 50, dan SAE 60.
Baca juga :   Kegunaan Oli Gear
  • Allison C-4: Ini adalah jenis sae oli transmisi alat berat yang dibuat oleh Allison untuk digunakan pada komponen drive train alat berat yang menggunakan transmisi otomatis. Oli ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis-jenis sae oli transmisi alat berat lainnya, yaitu memiliki gesekan yang rendah pada clutch transmisi dan rem basah, sehingga dapat mengurangi slip dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Oli ini juga memiliki perlindungan keausan yang tinggi pada gear, serta ketahanan terhadap oksidasi dan kestabilan termal yang baik. Oli ini hanya tersedia dalam bentuk single grade, yaitu SAE 10W, SAE 30, dan SAE 40.

Cara Memilih Sae Oli Transmisi Alat Berat yang Tepat

Untuk memilih sae oli transmisi alat berat yang tepat, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Sesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan alat berat. Anda harus memilih sae oli transmisi alat berat yang sesuai dengan merek, model, tipe, dan tahun pembuatan alat berat Anda. Anda juga harus memperhatikan kondisi operasional alat berat Anda, seperti suhu lingkungan, beban kerja, frekuensi penggantian oli, dan lain-lain. Anda dapat melihat spesifikasi dan rekomendasi sae oli transmisi alat berat pada buku manual atau katalog produk alat berat Anda.
  • Perhatikan kualitas dan mutu oli. Anda harus memilih sae oli transmisi alat berat yang memiliki kualitas dan mutu yang baik, sehingga dapat memberikan performa dan perlindungan yang optimal bagi alat berat Anda. Anda dapat melihat kualitas dan mutu oli dari spesifikasi teknisnya, seperti viskositas, indeks viskositas, titik nyala, titik tuang, angka asam, angka basa, dan lain-lain. Anda juga dapat melihat kualitas dan mutu oli dari sertifikat atau label yang diberikan oleh produsen atau lembaga terkait.
  • Pilih produk yang memiliki sertifikat dan garansi resmi. Anda harus memilih sae oli transmisi alat berat yang memiliki sertifikat dan garansi resmi dari produsen atau distributor resminya. Sertifikat dan garansi resmi menunjukkan bahwa produk tersebut telah lolos uji kelayakan dan kualitas sesuai dengan standar yang ditetapkan. Sertifikat dan garansi resmi juga memberikan jaminan bahwa produk tersebut asli dan tidak palsu atau kadaluarsa.
  • Bandingkan harga dan ketersediaan produk di pasaran. Anda harus memilih sae oli transmisi alat berat yang memiliki harga yang sesuai dengan anggaran dan ketersediaan yang mudah di pasaran. Anda dapat melakukan survei atau riset harga dan ketersediaan produk di toko-toko online atau offline yang menjual sae oli transmisi alat berat. Anda juga dapat memanfaatkan promo atau diskon yang ditawarkan oleh penjual untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
Baca juga :   Oli Hidrolik 68

Rekomendasi Produk Sae Oli Transmisi Alat Berat Terbaik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk sae oli transmisi alat berat terbaik yang bisa Anda pilih:

  • Shell Spirax S4 CX 10W : Ini adalah produk sae oli transmisi alat berat dari Shell yang memiliki viskositas SAE 10W. Produk ini dirancang untuk memenuhi spesifikasi Caterpillar TO-4, Komatsu KES 07.868.1, Volvo WB 101, Allison C-4, ZF TE-ML 03C, Eaton Fuller, Dana Spicer, Rockwell International, Komatsu Dresser, Clark MS-68/MS-71/MS-73/MS-75/MS-77/MS-81/MS-83/MS-90/MS-91/MS-92/MS-93/MS-94/MS-95/MS-96/MS-97/MS-98/MS-C1/C2/C3/C4/C5/C6/C7/C8/C9/C10/C11/C12/C13/C14/C15/C16/C17/C18/C19/C20/C21/C22/C23/C24/C25/C26/C27/C28/C29/C30, Tremec/TTC, Mack TO-A Plus, dan Navistar TMS 6816. Produk ini memiliki keseimbangan gesekan yang baik pada clutch transmisi dan rem basah, serta perlindungan keausan yang tinggi pada gear. Produk ini juga memiliki ketahanan terhadap oksidasi dan kestabilan termal yang baik, serta mencegah pembentukan kerak dan busa. Produk ini memiliki harga sekitar Rp 300.000 per liter dan tersedia di toko-toko online maupun offline.
  • Pertamina Rored HDX 30 : Ini adalah produk sae oli transmisi alat berat dari Pertamina yang memiliki viskositas SAE 30. Produk ini dirancang untuk memenuhi spesifikasi Caterpillar TO-4, Komatsu KES 07.868.1, Volvo WB 101, Allison C-4, ZF TE-ML 03C, Eaton Fuller, Dana Spicer, Rockwell International, Komatsu Dresser, Clark MS-68/MS-71/MS-73/MS-75/MS-77/MS-81/MS-83/MS-90/MS-91/MS-92/MS-93/MS-94/MS-95/MS-96/MS-97/MS-98/MS-C1/C2/C3/C4/C5/C6/C7/C8/C9/C10/C11/C12/C13/C14/C15/C16/C17/C18/C19/C20/C21/C22/C23/C24/C25/C26/C27/C28/C29/C30, Tremec/TTC, Mack TO-A Plus, dan Navistar TMS 6816. Produk ini memiliki keseimbangan gesekan yang baik pada clutch transmisi dan rem basah, serta perlindungan keausan yang tinggi pada gear. Produk ini juga memiliki ketahanan terhadap oksidasi dan kestabilan termal yang baik, serta mencegah pembentukan kerak dan busa. Produk ini memiliki harga sekitar Rp 250.000 per liter dan tersedia di toko-toko online maupun offline.
  • Castrol Transmax Offroad 50 : Ini adalah produk sae oli transmisi alat berat dari Castrol yang memiliki viskositas SAE 50. Produk ini dirancang untuk memenuhi spesifikasi Caterpillar TO-4, Komatsu KES 07.868.1, Volvo WB 101, Allison C-4, ZF TE-ML 03C, Eaton Fuller, Dana Spicer, Rockwell International, Komatsu Dresser, Clark MS-68/MS-71/MS-73/MS-75/MS-77/MS-81/MS-83/MS-90/MS-91/MS-92/MS-93/MS-94/MS-95/MS-96/MS-97/MS-98/MS-C1/C2/C3/C4/C5/C6/C7/C8/C9/C10/C11/C12/C13/C14/C15/C16/C17/C18/C19/C20/C21/C22/C23/C24/C25/C26/C27/C28/C29/C30, Tremec/TTC, Mack TO-A Plus, dan Navistar TMS 6816. Produk ini memiliki keseimbangan gesekan yang baik pada clutch transmisi dan rem basah, serta perlindungan keausan yang tinggi pada gear. Produk ini juga memiliki ketahanan terhadap oksidasi dan kestabilan termal yang baik, serta mencegah pembentukan kerak dan busa. Produk ini memiliki harga sekitar Rp 350.000 per liter dan tersedia di toko-toko online maupun offline.
  • Total Dynatrans AC 30 : Ini adalah produk sae oli transmisi alat berat dari Total yang memiliki viskositas SAE 30. Produk ini dirancang untuk memenuhi spesifikasi Caterpillar TO-4, Komatsu KES 07.868.1, Volvo WB 101, Allison C-4, ZF TE-ML 03C, Eaton Fuller, Dana Spicer, Rockwell International, Komatsu Dresser, Clark MS-68/MS-71/MS-73/MS-75/MS-77/MS-81/MS-83/MS-90/MS-91/MS-92/MS-93/MS-94/MS-95/MS-96/MS-97/MS-98/MS-C1/C2/C3/C4/C5/C6/C7/C8/C9/C10/C11/C12/C13/C14/C15/C16/C17/C18/C19/C20/C21/C22/C23/C24/C25/C26/C27/C28/C29/C30, Tremec/TTC, Mack TO-A Plus, dan Navistar TMS 6816. Produk ini memiliki keseimbangan gesekan yang baik pada clutch transmisi dan rem basah, serta perlindungan keausan yang tinggi pada gear. Produk ini juga memiliki ketahanan terhadap oksidasi dan kestabilan termal yang baik, serta mencegah pembentukan kerak dan busa. Produk ini memiliki harga sekitar Rp 275.000 per liter dan tersedia di toko-toko online maupun offline.
Baca juga :   Jenis Oli Mesin Alat Berat
  • Exxon Mobil Mobiltrans HD 10W : Ini adalah produk sae oli transmisi alat berat dari Exxon Mobil yang memiliki viskositas SAE 10W. Produk ini dirancang untuk memenuhi spesifikasi Caterpillar TO-4, Komatsu KES 07.868.1, Volvo WB 101, Allison C-4, ZF TE-ML 03C, Eaton Fuller, Dana Spicer, Rockwell International, Komatsu Dresser, Clark MS-68/MS-71/MS-73/MS-75/MS-77/MS-81/MS-83/MS-90/MS-91/MS-92/MS-93/MS-94/MS-95/MS-96/MS-97/MS-98/MS-C1/C2/C3/C4/C5/C6/C7/C8/C9/C10/C11/C12/C13/C14/C15/C16/C17/C18/C19/C20/C21/C22/C23/C24/C25/C26/C27/C28/C29/C30, Tremec/TTC, Mack TO-A Plus, dan Navistar TMS 6816. Produk ini memiliki keseimbangan gesekan yang baik pada clutch transmisi dan rem basah, serta perlindungan keausan yang tinggi pada gear. Produk ini juga memiliki ketahanan terhadap oksidasi dan kestabilan termal yang baik, serta mencegah pembentukan kerak dan busa. Produk ini memiliki harga sekitar Rp 325.000 per liter dan tersedia di toko-toko online maupun offline.

Demikianlah artikel tentang sae oli transmisi alat berat yang telah kami sajikan untuk Anda. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda informasi yang bermanfaat dan membantu Anda dalam memilih sae oli transmisi alat berat yang tepat untuk alat berat Anda. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan dan penggantian sae oli transmisi alat berat secara rutin dan sesuai dengan petunjuk produsen atau distributor. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

FAQ

Q: Apa itu sae oli transmisi alat berat?

A: Sae oli transmisi alat berat adalah jenis oli yang digunakan untuk melumasi komponen-komponen drive train pada alat berat, seperti transmisi, differential, final drive, dan bevel gear.

Q: Apa fungsi dan manfaat sae oli transmisi alat berat?

A: Fungsi dan manfaat sae oli transmisi alat berat adalah melumasi komponen-komponen drive train, mengurangi gesekan dan keausan pada clutch, rem, dan gear, menjaga stabilitas suhu dan tekanan pada sistem transmisi, mencegah korosi dan kerak pada permukaan logam, dan memperpanjang umur pakai dan kinerja alat berat.

Q: Apa saja jenis-jenis sae oli transmisi alat berat?

A: Jenis-jenis sae oli transmisi alat berat yang umum digunakan adalah Caterpillar TO-4, Caterpillar TO-4M, Komatsu KES 07.868.1, Volvo WB 101, Allison C-4.

Q: Bagaimana cara memilih sae oli transmisi alat berat yang tepat?

A: Cara memilih sae oli transmisi alat berat yang tepat adalah dengan menyesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan alat berat, memperhatikan kualitas dan mutu oli, memilih produk yang memiliki sertifikat dan garansi resmi, dan membandingkan harga dan ketersediaan produk di pasaran.

Q: Apa saja rekomendasi produk sae oli transmisi alat berat terbaik?

A: Rekomendasi produk sae oli transmisi alat berat terbaik adalah Shell Spirax S4 CX 10W , Pertamina Rored HDX 30 , Castrol Transmax Offroad 50 , Total Dynatrans AC 30 , Exxon Mobil Mobiltrans HD 10W .

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us
Open chat
1
Hallo, ada yang bisa kami bantu?
Klik untuk chat via Whatsapp :)