Oli Hidrolik Pertamina

Oli Hidrolik Pertamina: Jenis, Spesifikasi, dan Harga

Oli hidrolik adalah komponen vital dalam dunia mesin dan peralatan industri. Dalam sistem hidrolik, oli berperan utama dalam meneruskan tenaga dari pompa hidrolik ke silinder hidrolik. Namun, peran oli hidrolik tidak hanya sebatas itu. Oli hidrolik juga berfungsi untuk melumasi komponen, mendinginkan, dan melindungi dari korosi komponen-komponen dalam sistem hidrolik. Salah satu produsen oli hidrolik terkemuka di Indonesia adalah Pertamina.

Jenis Oli Hidrolik Pertamina

Pertamina menawarkan berbagai jenis oli hidrolik yang sesuai dengan beragam kebutuhan mesin dan peralatan. Beberapa jenis oli hidrolik Pertamina yang terkenal meliputi:

1. Pertamina Hydraulic Oil 10W-40

Oli hidrolik ini memiliki viskositas yang cocok untuk berbagai kondisi operasional, termasuk di lingkungan dengan suhu rendah. Ini adalah pilihan yang sesuai untuk mesin dan peralatan yang beroperasi dalam beragam situasi.

2. Pertamina Hydraulic Oil Translik HD 30

Oli hidrolik Translik HD Pertamina adalah pilihan yang tepat untuk mesin yang beroperasi dalam suhu tinggi. Oli ini mampu memberikan perlindungan yang baik pada suhu tinggi dan tekanan hidrolik yang tinggi.

3. Pertamina Hydraulic Oil 32

Pelumas hidrolik Pertamina dengan viskositas 32 adalah solusi terbaik untuk mesin dan peralatan yang memerlukan oli dengan viskositas menengah. Ini mampu beroperasi dengan efisien dalam berbagai kondisi kerja.

4. Pertamina Hydraulic Oil 46

Oli hidrolik 46 Pertamina memiliki viskositas yang sedikit lebih tinggi, sangat cocok untuk mesin dan peralatan yang memerlukan pelumasan tambahan dan perlindungan ekstra dalam situasi berat.

5. Pertamina Turalik 41 (ISO VG 22)

Pertamina Turalik 41 adalah oli hidrolik dengan viskositas rendah (ISO VG 22) yang cocok untuk aplikasi di lingkungan dengan suhu yang ekstrem. Oli ini memberikan perlindungan yang baik terhadap keausan dan korosi.

Baca juga :   Jenis Oli Gearbox Kapal

6. Pertamina Turalik 43 (ISO VG 32)

Pertamina Turalik 43 adalah oli hidrolik dengan viskositas (ISO VG 32) yang dirancang untuk kondisi kerja dengan suhu tinggi. Oli ini mampu menjaga kinerja sistem hidrolik dalam suhu ekstrem.

7. Pertamina Turalik 45

Pertamina Turalik 45 memiliki viskositas yang sesuai untuk aplikasi yang memerlukan pelumasan tambahan. Oli ini dapat melindungi mesin dan peralatan dari keausan.

8. Pertamina Turalik 48 (ISO VG 46)

Pertamina Turalik 48 adalah oli hidrolik dengan viskositas menengah (ISO VG 46) yang cocok untuk kondisi berat dan tekanan tinggi. Oli ini mampu menjaga kinerja sistem hidrolik dalam situasi ekstrem.

9. Pertamina Turalik 52 (ISO VG 68)

Pertamina Turalik 52 adalah oli hidrolik dengan viskositas tinggi (ISO VG 68) yang dapat beroperasi dengan baik dalam berbagai situasi. Ini adalah pilihan yang serbaguna untuk berbagai jenis mesin.

10. Pertamina Turalik 68 (ISO VG 100)

Pertamina Turalik 68 adalah oli hidrolik dengan viskositas sangat tinggi (ISO VG 100) yang memberikan perlindungan tambahan pada komponen hidrolik. Ini sangat cocok untuk aplikasi berat dan beban tinggi.

11. Pertamina Turalik C Series 10 (ISO VG 10)

Pertamina Turalik C Series 10 adalah bagian dari seri oli hidrolik khusus dari Pertamina dengan viskositas rendah (ISO VG 10). Oli ini cocok untuk kondisi kerja yang memerlukan perlindungan khusus terhadap keausan dan korosi.

12. Pertamina Turalik C Series 22 (ISO VG 22)

Pertamina Turalik C Series 22 adalah oli hidrolik dengan viskositas menengah (ISO VG 22) yang dapat beroperasi dalam berbagai situasi. Ini adalah pilihan yang andal untuk aplikasi berat.

13. Pertamina Turalik C Series 32 (ISO VG 32)

Pertamina Turalik C Series 32 adalah oli hidrolik dengan kinerja tinggi (ISO VG 32) yang sesuai untuk mesin dan peralatan yang memerlukan perlindungan optimal.

Baca juga :   Oli Hidrolik Per Liter

14. Pertamina Turalik C Series 46 (ISO VG 46)

Pertamina Turalik C Series 46 adalah oli hidrolik dengan viskositas menengah (ISO VG 46) yang dapat memberikan perlindungan yang baik dalam berbagai kondisi kerja.

15. Pertamina Turalik C Series 68 (ISO VG 68)

Pertamina Turalik C Series 68 adalah oli hidrolik dengan viskositas menengah (ISO VG 68) yang memberikan perlindungan optimal pada mesin dan peralatan. Oli ini adalah pilihan andal untuk beragam aplikasi.

16. Pertamina Turalik C Series 100 (ISO VG 100)

Pertamina Turalik C Series 100 adalah oli hidrolik dengan viskositas tinggi (ISO VG 100) yang memberikan perlindungan luar biasa pada mesin dan peralatan dalam kondisi berat.

17. Pertamina Turalik C Series 150 (ISO VG 150)

Pertamina Turalik C Series 150 adalah oli hidrolik dengan viskositas ekstra tinggi (ISO VG 150) yang dirancang untuk kondisi kerja paling berat. Ini memberikan perlindungan maksimal.

18. Pertamina Turalik C Series 220 (ISO VG 220)

Pertamina Turalik C Series 220 adalah oli hidrolik dengan viskositas super tinggi (ISO VG 220) yang memberikan perlindungan luar biasa pada komponen hidrolik. Ini sangat cocok untuk aplikasi yang paling berat.

Spesifikasi Oli Hidrolik

Pelumas hidrolik Pertamina memiliki berbagai spesifikasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan mesin dan peralatan yang beragam. Beberapa spesifikasi umum oli hidrolik meliputi:

Standar API

Pelumas hidrolik Pertamina mengikuti berbagai standar API yang berbeda, tergantung pada jenis oli hidroliknya. Standar API meliputi API CF, API GL-4, dan berbagai jenis lainnya. Pemilihan standar API yang sesuai sangat penting untuk memastikan kinerja oli yang optimal.

Klasifikasi SAE

Pelumas hidrolik Pertamina juga mengikuti klasifikasi SAE yang berbeda tergantung pada viskositasnya. Beberapa klasifikasi SAE yang umum meliputi SAE 10W-40 dan SAE 20W-40. Memilih viskositas yang tepat adalah kunci untuk memastikan pelumasan yang baik dalam berbagai kondisi kerja.

Baca juga :   Sae Oli Transmisi Alat Berat

Klasifikasi ISO

Pelumas hidrolik Pertamina juga memiliki klasifikasi ISO yang berbeda berdasarkan viskositasnya. Beberapa klasifikasi ISO meliputi ISO 22, ISO 32, ISO 46, ISO 68, ISO 100, ISO 150, dan ISO 220. Memilih klasifikasi ISO yang sesuai dengan mesin atau peralatan Anda adalah hal yang sangat penting.

Tips Memilih Oli Hidrolik

Ketika Anda memilih Pelumas hidrolik Pertamina, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan:

  1. Jenis Oli Hidrolik: Pilih jenis oli hidrolik yang sesuai dengan spesifikasi mesin atau peralatan Anda. Hal ini akan memastikan bahwa oli bekerja dengan efisien dalam kondisi operasional yang diinginkan.
  2. Spesifikasi Oli Hidrolik: Pastikan untuk memeriksa spesifikasi oli hidrolik yang tertera pada kemasan. Spesifikasi ini menjadi panduan yang baik untuk memastikan kesesuaian oli dengan kebutuhan Anda.
  3. Harga Oli Hidrolik: Harga Pelumas hidrolik Pertamina bervariasi tergantung pada jenis, spesifikasi, dan ukuran kemasan. Anda dapat membandingkan harga dari berbagai toko untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Dengan pemahaman yang baik tentang berbagai jenis oli hidrolik Pertamina, spesifikasinya, dan harga-harganya, Anda dapat membuat pilihan yang bijak saat membeli oli hidrolik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingatlah bahwa pemilihan oli hidrolik yang tepat adalah kunci untuk menjaga kinerja mesin dan peralatan Anda serta mencegah kerusakan yang tidak diinginkan dalam sistem hidrolik Anda.

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us
Open chat
1
Hallo, ada yang bisa kami bantu?
Klik untuk chat via Whatsapp :)