Oli Industri Pertamina

Oli Industri Pertamina: Apa itu, Manfaat, dan Jenisnya

Pelumas Oli Industri Pertamina | Pelumas industri adalah salah satu komponen penting dalam dunia industri, karena berfungsi sebagai pelumas, pendingin, pembersih, dan pelindung mesin-mesin industri. Oli industri juga dapat mempengaruhi kinerja, efisiensi, dan umur mesin. Oleh karena itu, pemilihan oli industri yang tepat sangatlah krusial bagi setiap pelaku industri.

Namun, tidak semua oli industri memiliki kualitas dan spesifikasi yang sama. Ada banyak merek oli industri yang beredar di pasaran, namun tidak semuanya dapat dipercaya. Salah satu merek oli industri yang sudah terbukti kualitas dan keandalannya adalah Oli Industri Pertamina.

Apa itu Oli Industri Pertamina? Manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari menggunakan oli ini? Dan jenis-jenis oli industri Pertamina apa saja yang tersedia? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Oli Industri Pertamina?

Oli Industri Pertamina adalah produk pelumas yang diproduksi dan dijual oleh PT Pertamina Lubricants, sebuah anak perusahaan dari PT Pertamina Patra Niaga yang bergerak di bidang produksi dan penjualan pelumas. PT Pertamina Lubricants didirikan pada tahun 2006 sebagai hasil spin-off dari unit bisnis pelumas PT Pertamina (Persero).

Sejarah dan Profil Perusahaan Pertamina Lubricants

PT Pertamina Lubricants memiliki sejarah panjang dalam industri pelumas di Indonesia. Sejak tahun 1957, PT Pertamina (Persero) telah memproduksi pelumas dengan merek dagang Fastron, Meditran, Prima XP, Enduro, Mesran, Rored, Turalik, dan lain-lain. Pada tahun 1992, PT Pertamina (Persero) mendirikan pabrik pelumas terbesar di Asia Tenggara di Cilacap dengan kapasitas produksi mencapai 450.000 ton per tahun.

Pada tahun 2006, PT Pertamina (Persero) melakukan spin-off unit bisnis pelumasnya menjadi PT Pertamina Lubricants sebagai bagian dari program restrukturisasi perusahaan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas bisnis pelumas, serta untuk menghadapi persaingan global yang semakin ketat. PT Pertamina Lubricants kemudian mengembangkan jaringan distribusi dan pemasaran yang luas, baik di dalam maupun luar negeri, serta melakukan berbagai inovasi dan pengembangan produk dan layanan.

Saat ini, PT Pertamina Lubricants memiliki lima pabrik pelumas yang tersebar di Cilacap, Jakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Gresik, dengan total kapasitas produksi mencapai 670.000 ton per tahun. PT Pertamina Lubricants juga memiliki tiga blending plant di Singapura, Vietnam, dan Turki, serta dua kantor perwakilan di Malaysia dan China. PT Pertamina Lubricants melayani berbagai segmen pasar, mulai dari otomotif, industri, kelautan, hingga pembangkit listrik.

Visi, Misi, dan Nilai Budaya Pertamina Lubricants

Visi dari PT Pertamina Lubricants adalah menjadi perusahaan pelumas kelas dunia yang unggul dalam kinerja dan layanan1. Misi dari PT Pertamina Lubricants adalah:

  • Menyediakan produk dan layanan pelumas yang berkualitas tinggi dan ramah lingkungan
  • Meningkatkan nilai tambah bagi pemangku kepentingan melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas operasional
  • Mengembangkan sumber daya manusia yang profesional, kompeten, dan berintegritas
  • Menciptakan budaya kerja yang kondusif, inovatif, dan berorientasi pada kepuasan pelanggan
  • Menjalin kerjasama yang harmonis dengan mitra bisnis dan pemerintah
Baca juga :   Oli Shell Untuk Industri

Nilai budaya yang dianut oleh PT Pertamina Lubricants adalah 6C, yaitu:

  • Clean: Bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme
  • Competitive: Bersaing secara sehat dan profesional
  • Confident: Percaya diri dalam mengambil keputusan dan bertindak
  • Customer Focused: Fokus pada kebutuhan dan kepuasan pelanggan
  • Commercial: Berorientasi pada pencapaian target dan profitabilitas
  • Capable: Mampu menguasai kompetensi teknis dan manajerial

Produk dan Layanan Pertamina Lubricants

PT Pertamina Lubricants menawarkan berbagai produk pelumas yang sesuai dengan aplikasi dan segmentasi bisnis yang berbeda-beda. Produk-produk pelumas tersebut meliputi:

  • Gas Engine Oil: Pelumas untuk mesin gas yang digunakan di industri pembangkit listrik, gas alam cair (LNG), gas alam terkompresi (CNG), biogas, landfill gas, dan lain-lain.
  • Heat Transfer Oil: Pelumas untuk sistem perpindahan panas yang digunakan di industri kimia, petrokimia, tekstil, makanan, minuman, farmasi, dan lain-lain.
  • Heavy Duty Diesel Oil: Pelumas untuk mesin diesel berat yang digunakan di industri konstruksi, pertambangan, transportasi darat, laut, dan udara.
  • Industrial Compressor Oil: Pelumas untuk kompresor udara yang digunakan di industri manufaktur, otomotif, makanan, minuman, farmasi, dan lain-lain.
  • Industrial & Marine Engine Oil: Pelumas untuk mesin diesel industri dan kelautan yang digunakan di industri pembangkit listrik, kelautan, transportasi laut,
  • Industrial Gear Oil: Pelumas untuk gir atau roda gigi yang digunakan di industri manufaktur, otomotif, konstruksi,
  • Industrial Hydraulic Oil: Pelumas untuk sistem hidrolik yang digunakan di industri manufaktur,
  • Industrial Turbine Oil: Pelumas untuk turbin gas atau uap yang digunakan di industri pembangkit listrik,
  • Powershift Transmission & Hydraulic Oil Untuk Alat Berat: Pelumas untuk transmisi daya geser (powershift) dan sistem hidrolik pada alat berat yang digunakan di industri konstruksi,
  • Refrigerating Oil & Circulating,
  • Bearing & Steam Cylinder Oil: Pelumas untuk sistem pendingin (refrigerating), sirkulasi (circulating), bantalan (bearing), dan silinder uap (steam cylinder) yang digunakan di industri makanan, minuman, farmasi, dan lain-lain.
  • Oli Industri Berdasarkan Segmentasi Bisnis:
    Pelumas yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik industri tertentu, seperti:
    • Marine: Pelumas untuk industri kelautan, seperti kapal niaga, kapal penumpang, kapal perang, kapal penangkap ikan, dan lain-lain.
    • Power Generation: Pelumas untuk industri pembangkit listrik, seperti pembangkit listrik tenaga gas (PLTG), pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), dan lain-lain.
    • Manufacturing: Pelumas untuk industri manufaktur, seperti otomotif, tekstil, elektronik, makanan, minuman, farmasi, dan lain-lain.
    • Mining: Pelumas untuk industri pertambangan, seperti batu bara, emas, tembaga, nikel, timah, dan lain-lain.
    • Construction: Pelumas untuk industri konstruksi, seperti jalan raya, jembatan, gedung, bandara, pelabuhan, dan lain-lain.
Baca juga :   Warna Oli Hidrolik

Layanan

Selain produk-produk pelumas yang telah disebutkan di atas, PT Pertamina Lubricants juga menawarkan berbagai layanan yang berkaitan dengan pelumas, seperti:

  • Technical Service: Layanan konsultasi teknis yang meliputi analisis kebutuhan pelumas, pemilihan produk yang sesuai, pengujian kualitas produk, pemantauan kondisi mesin dan pelumas, serta rekomendasi perbaikan dan perawatan.
  • Field Service: Layanan kunjungan lapangan yang meliputi pemeriksaan kondisi mesin dan pelumas secara langsung di lokasi pelanggan, serta memberikan solusi dan saran yang tepat.
  • Laboratory Service: Layanan analisis laboratorium yang meliputi pengujian fisikokimia produk pelumas sesuai dengan standar internasional (ASTM), pengujian performa produk pelumas sesuai dengan standar OEM (Original Equipment Manufacturer), serta pengujian kondisi pelumas bekas (used oil analysis).
  • Training Service: Layanan pelatihan yang meliputi penyampaian materi teori dan praktek tentang pelumas secara umum maupun khusus sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  • Waste Management Service: Layanan pengelolaan limbah pelumas yang meliputi pengambilan limbah pelumas dari lokasi pelanggan, pengolahan limbah pelumas menjadi bahan bakar alternatif atau bahan baku industri lainnya, serta penyediaan sertifikat pengelolaan limbah pelumas.

Manfaat Menggunakan Oli Industri Pertamina

Mengapa Anda harus menggunakan oli industri Pertamina? Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari produk-produk pelumas ini? Berikut adalah beberapa alasan mengapa oli industri Pertamina adalah pilihan yang tepat bagi Anda:

Kualitas dan Spesifikasi Produk yang Sesuai dengan Standar Internasional

Oli industri Pertamina memiliki kualitas dan spesifikasi produk yang sesuai dengan standar internasional yang ditetapkan oleh lembaga-lembaga seperti API (American Petroleum Institute), ACEA (Association des Constructeurs Européens d’Automobiles), JASO (Japanese Automotive Standards Organization), ISO (International Organization for Standardization), DIN (Deutsches Institut für Normung), dan lain-lain. Pelumas industri Pertamina juga memiliki sertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Oli industri Pertamina juga memenuhi spesifikasi produk yang dituntut oleh produsen-produsen mesin ternama di dunia, seperti Caterpillar, Cummins, MAN, Wärtsilä, GE Jenbacher, MTU, Volvo Penta, Perkins, Deutz, Mitsubishi, Yanmar, dll. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir tentang kompatibilitas oli industri Pertamina dengan mesin-mesin industri Anda.

Baca juga :   Oli Kapal

Inovasi dan Pengembangan Teknologi yang Terus Menerus

Oli industri Pertamina tidak hanya mengandalkan kualitas dan spesifikasi produk yang sudah ada, tetapi juga terus melakukan inovasi dan pengembangan teknologi untuk menciptakan produk-produk pelumas yang lebih unggul. PT Pertamina Lubricants memiliki pusat penelitian dan pengembangan (R&D Center) yang berlokasi di Cilacap, Jawa Tengah, yang dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas canggih dan sumber daya manusia yang kompeten.

Salah satu hasil inovasi dan pengembangan teknologi dari PT Pertamina Lubricants adalah produk pelumas sintetis (synthetic lubricant) yang memiliki keunggulan-keunggulan seperti:

  • Memiliki viskositas yang stabil pada suhu tinggi maupun rendah
  • Memiliki indeks viskositas yang tinggi, sehingga dapat mengurangi gesekan dan keausan mesin
  • Memiliki sifat deterjen dan dispersan yang baik, sehingga dapat mencegah pembentukan kerak dan endapan pada mesin
  • Memiliki sifat antioksidan dan antikarat yang baik, sehingga dapat melindungi mesin dari korosi dan oksidasi
  • Memiliki sifat anti busa dan anti emulsi yang baik, sehingga dapat mencegah pembentukan busa dan emulsi pada pelumas
  • Memiliki sifat anti aus dan anti gesek yang baik, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan umur mesin
  • Memiliki sifat biodegradabel yang baik, sehingga dapat mengurangi dampak lingkungan

Beberapa contoh produk pelumas sintetis dari PT Pertamina Lubricants adalah Fastron Platinum, Meditran SX Ultra, Prima XP Synthetic, Enduro Synthetic, Mesran Super Synthetic, dll.

Pelayanan dan Dukungan yang Profesional dan Terintegrasi

Oli industri Pertamina tidak hanya menawarkan produk-produk pelumas yang berkualitas, tetapi juga pelayanan dan dukungan yang profesional dan terintegrasi. PT Pertamina Lubricants memiliki jaringan distribusi dan pemasaran yang luas, baik di dalam maupun luar negeri, yang meliputi lebih dari 20.000 outlet penjualan.

PT Pertamina Lubricants juga memiliki layanan-layanan tambahan yang berkaitan dengan pelumas, seperti technical service, field service, laboratory service, training service, waste management service, dll. Layanan-layanan ini bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan, serta untuk meningkatkan kinerja, efisiensi, dan umur mesin. Layanan-layanan ini juga dilakukan dengan standar keselamatan, kesehatan, lingkungan, dan mutu (K3LM) yang tinggi.

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us
Open chat
1
Hallo, ada yang bisa kami bantu?
Klik untuk chat via Whatsapp :)