Oli Hidrolik Per Liter

Oli Hidrolik Per Liter: Harga dan Kualitas

Oli Hidrolik Per Liter | Oli hidrolik adalah elemen kunci dalam dunia mesin dan peralatan industri. Dengan peran utamanya sebagai pengantar tenaga dari pompa hidrolik ke silinder hidrolik, oli hidrolik melumasi, mendinginkan, dan melindungi komponen-komponen sistem hidrolik dari gesekan dan korosi. Salah satu pertimbangan utama ketika memilih oli hidrolik adalah harga per liternya, yang dapat sangat bervariasi tergantung pada beberapa faktor.

Variasi Harga Oli Hidrolik per Liter

Harga oli hidrolik per liter dapat bervariasi signifikan, tergantung pada beberapa faktor, di antaranya jenis, merek, dan spesifikasi oli tersebut. Faktor lain yang memengaruhi harga adalah apakah oli tersebut diproduksi secara lokal atau diimpor dari luar negeri.

Berikut adalah beberapa contoh harga oli hidrolik per liter di Indonesia:

  1. Oli hidrolik Pertamina Hydraulic Oil 10W: Harga berkisar antara Rp 65.000 hingga Rp 90.000 per liter.
  2. Oli hidrolik Shell Tellus S2: Harga berkisar antara Rp 75.000 hingga Rp 90.000 per liter.
  3. Oli hidrolik Total Rubia Hydroplus: Harga berkisar antara Rp 80.000 hingga Rp 95.000 per liter.
  4. Oli hidrolik Caltex Havoline Hydraulic Oil: Harga berkisar antara Rp 75.000 hingga Rp 90.000 per liter.
  5. Oli hidrolik Castrol Hyspin AWS: Harga berkisar antara Rp 70.000 hingga Rp 95.000 per liter.

Namun, harga-harga ini hanya merupakan referensi dan bisa berubah sewaktu-waktu. Berbagai faktor seperti perubahan harga minyak bumi dan fluktuasi mata uang bisa memengaruhi harga oli hidrolik. Untuk memperoleh informasi harga yang terbaru, Anda bisa mencarinya secara online atau menghubungi toko yang menjual oli hidrolik.

Menilai Kualitas Oli Hidrolik

Selain memperhatikan harga, kualitas oli hidrolik juga harus menjadi perhatian utama dalam pemilihan. Oli hidrolik berkualitas rendah dapat merusak mesin dan peralatan yang mengandalkan sistem hidrolik, dan akhirnya dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang signifikan.

Baca juga :   Kegunaan Oli Hidrolik

1. Perhatikan Jenis Oli Hidrolik

Setiap jenis mesin atau peralatan mungkin memerlukan jenis oli hidrolik yang berbeda. Ada berbagai jenis oli hidrolik, seperti oli sintetis, oli mineral, dan oli semi-sintetis, yang masing-masing memiliki karakteristik dan keunggulan sendiri. Penting untuk memilih jenis oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin atau peralatan yang digunakan.

2. Perhatikan Merek Oli Hidrolik

Saat Anda memilih oli hidrolik, merek juga adalah faktor penting. Merek-merek terkemuka dengan reputasi yang baik cenderung lebih dapat diandalkan dalam hal kualitas. Beberapa merek oli hidrolik terkemuka termasuk Pertamina, Shell, Total, Caltex, dan Castrol.

3. Perhatikan Spesifikasi Oli Hidrolik

Spesifikasi oli hidrolik, seperti viskositas, kekentalan, dan tingkatan API (American Petroleum Institute), biasanya tertera pada kemasan oli. Pastikan Anda memeriksa spesifikasi oli hidrolik untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan mesin atau peralatan Anda.

4. Rekomendasi Oli Hidrolik Dupersol

Selain merek-merek terkenal, ada juga merek oli hidrolik lain yang patut dipertimbangkan, seperti Dupersol. Salah satu produk oli hidrolik Dupersol yang terkenal adalah Plutus AW dengan berbagai viskositas seperti 32, 46, 68, dan 100. Oli hidrolik Plutus AW dikenal dengan kualitasnya yang baik dan telah dipercaya oleh banyak pemilik mesin dan peralatan industri.

Rekomendasi untuk memilih oli hidrolik merek Dupersol Plutus AW dapat menjadi alternatif yang baik, terutama jika sesuai dengan spesifikasi mesin atau peralatan Anda. Pastikan untuk memeriksa panduan pemilik mesin atau konsultasikan dengan ahli teknis jika Anda ragu tentang jenis oli yang paling cocok.

Conclusion

Mengenai oli hidrolik, menemukan keseimbangan antara harga yang terjangkau dan kualitas yang baik adalah kunci untuk menjaga kinerja sistem hidrolik Anda. Dengan pemahaman yang baik tentang harga oli hidrolik, perhatian pada kualitas oli, dan pemilihan merek yang tepat, Anda dapat menjaga mesin dan peralatan Anda beroperasi dengan efisien dan dengan biaya perawatan yang terkendali. Ingatlah bahwa pilihan oli yang bijak dapat membantu mencegah kerusakan yang tidak diinginkan dan memastikan kelancaran operasi peralatan hidrolik Anda.

Leave a Comment

WhatsApp WhatsApp us
Open chat
1
Hallo, ada yang bisa kami bantu?
Klik untuk chat via Whatsapp :)